Pengaturan berat badan pada atlet pdf

Dalam hal ini termasuk pula tentang pemberian suplemen dan usaha khusus berupa modifikasi yang dilakukan terhadap asupan nutrisi pada waktu tertentu, dalam upaya meningkatkan kinerja atlet.

Hiponatremi yang terjadi pada atlet dapat mengakibatkan penurunan efisiensi kerja otot sehingga berpengaruh terhadap prestasi olahraga. Sumber energy utama yang diperlukan untuk gerak: FI, Katch. Asupan bahan makanan Zat Gizi tergantung pada penyajian makanan dan daya terima bagi atlet Olahragawan Pada kenyataannya prestasi Olahraga sangat dicantumkan oleh bagaimana Pengaturan makanan Asupan Gizi bagi seorang atlet renang.

Selain itu dikenal pula bentuk lain dari karbohidrat yaitu: Makanan sumber lemak dari hewan hewaniyaitu: Dalam biomekanik dan kinesiologi olahraga mempelajari suatu usaha gerakan yang bertujuan untuk mencapai hasil maksimal dalam berolahraga. Peran utama makanan adalah mendukung tercapainya dan terpertahankannya kondisi badan yang telah diperoleh dari latihan, serta menyediakan tenaga yang diperlukan sewaktu melakukan latihan maupun pertandingan.

MANAJEMEN GIZI ATLET CABANG OLAHRAGA UNGGULAN DI

Pengalaman Bagi atlit yang baru terjun akan lebih mudah terkena cedera dibandingkan dengan olahragawan atau atlit yang sudah berpengalaman. Gelanggang pertandingan terdiri dari: Pada olahraga angkat besi pastikan bahwa pencapaian berat badan dilakukan tanpa melalui cara-cara yang dapat mengorbankan kinerja atlet 3.

Cabang olahraga senam nomor artistik putri terdiri dari nomor lantai, palang bertingkat, balok kesetimbangan dan meja lompat.

pengaruh metabolisme energi dan olahraga pada otot

Dalam sehari seseorang biasanya minum air sebanyak ml dan akan meningkat saat seseorang melakukan aktivitas fisik dan akan lebih meningkat lagi bila olahraga dilakukan di lingkungan yang panas.

Sudut berwarna biru yang berada disebelah ujung kanan meja Ketua Pertandingan pengaturan berat badan pada atlet pdf. Puasa sebelum pertandingan tidak diperbolehkan karena secara fisiologis tidak masuk akal oleh karena makanan dibutuhkan untuk mengganti glikogen.

Makanan sebaiknya bervariasi, jumlah lemak dan karbohidrat dalam makanan disesuaikan dengan kebutuhan atlet. Beberapa makanan yang khusus mempunyai kadar lemak dan kolesterol yang tinggi, misalnya coklat, cake, ice-cream, keripik, dan juga jeroan, sop kaki, sop buntut, harus dihindari.

Dalam waktu permulaan ini memang banyak protein dibutuhkan selain untuk aktivitas enzim yang optimal juga untuk membangun otot. Vitamin dalam jumlah besar tidak akan berpengaruh pada prestasi atlet yang memang sudah berada dalam kondisi latihan yang baik.

Kategori pertandingan Pencak Silat terdiri dari: Ahli gizi dan pelatih perlu menitik beratkan perhatian pada pemberian nutrisi yang tepat selama masa latihan, saat kompetisi dan pada waktu pemulihan.

Selain itu protein yang diberikan secara berlebihan menyebabkan kebutuhan akan air meningkat. Lemak yang dapat mencair dalam temperature biasa disebut minyak, sedangkan dalam bentuk padat disebut lemak.

Cukup gizi sesuai dengan kebutuhan. Satu gram lemak mengandung 9 kkal, 2 kali dari jumlah energi yang dikandung oleh karbohidrat dan protein.

Semakin tinggi hasil penghitungan BMI yang dilakukan, maka berarti semakin tinggi pula risiko seseorang terkena obesitas. Beberapa ahli percaya bahwa kehilangan potasium dalam keringat akan mempengaruhi prestasi olahraga.Kal/Kg.

Berat Badan/24 jam Olahraga ringan Olahraga sedang Olahraga Berat Olahraga Berat Sekali Laki-laki Wanita 42 36 46 40 54 47 62 55 Sumber: Purba Ada beberapa tahapan pemberian zat gizi untuk atlet, sebagai berikut: pemberian zat gizi pada masa waktu dipusat latihan, dekat masa pertandingan, hari-hari pertandingan dan makanan.

Suhu tubuh dapat meningkat di atas batas normal. Hal ini dapat terjadi pada atlet yang berolahraga dalam waktu lama pada suhu panas. Setiap perubahan berat badan sebelum dan sesudah berolahraga merupakan petunjuk adanya kehilangan cairan tubuh selamaberolahraga. Pada keadaan-keadaan seperti ini sangat diperlukan penggantian cairan tubuh.

1 NUTRISI PADA ATLET dr. Ermita robadarocker.com, MS Nutrisi yang tepat merupakan dasar utama bagi penampilan prima seorang atlet pada saat bertanding. Selain itu nutrisi ini dibutuhkan pula pada kerja biologik tubuh, untuk penyediaan energi tubuh pada saat seorang atlet melakukan berbagai aktivitas fisik, misalnya pada saat latihan (training), bertanding dan saat pemulihan, baik setelah latihan maupun.

Banyak atlet terutama atlet putri yang mempraktekkan pengongtrolan berat badan secara salah sehingga membahayakan. Biasan;ya hal ini ditemui pada atlet yang penampilannya perlu tampak ramping sangat sedikit tetapi berlatih bayak dan berat sehingga menjadi kurus sekali namun tetap ingin mempertahankan berat badan itu.

pada atlet Tidak ada pengaruh minuman isotonik isotonik dan mineral tidak dapat membedakan terhadap denyut nadi sesaat setelah latihan selisih atau jumlah denyut nadi pada atlet pada atlet sepak bola di SSB PERSISAC disaat perfome ataupun stelah latihan dan Kota Semarang membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk 6.

Tidak ada pengaruh minuman Author: Sudomo Sumadi. PENCEGAHAN CEDERA OLAHRAGA DAN CARA MENGETASINYA DALAM CABANG OLAHRAGA PENCAK SILAT BAB I PENDAHULUAN A.

Latar Belakang Masalah Olahraga bertujuan untuk menyehatkan badan, memberikan kebugaran jasmani selama cara-cara melakukannya sudah dalam kondisi yang benar.

Apakah semua macam olahraga bisa menimbulkan cedera? Cedera yang dialami .

Pengaturan berat badan pada atlet pdf
Rated 5/5 based on 97 review